Ilmu Hukum

Pengertian Asuransi, Manfaat, dan Jenis-Jenis Asuransi

Penting bagi Anda untuk menegtahui pengertian asuransi, manfaat, dan jenis-jenis asuransi. Bagi sebagian orang, asuransi masih dilihat sebelah mata dan enggan pula...

Written by Abraham · 4 min read >
pengertian-asuransi

Penting bagi Anda untuk menegtahui pengertian asuransi, manfaat, dan jenis-jenis asuransi. Bagi sebagian orang, asuransi masih dilihat sebelah mata dan enggan pula bagi mereka untuk bergabung. Padahal manfaat yang didapatkannya sungguh bermanfaat bagi kehidupan kita.

Apalagi biaya kehidupan yang semakin tinggi di setiap tahunnya. Baik itu berdasarkan biaya tempat tinggal sakit, pendidikan, dan lain sebagainya. Namun, dengan menggunakan asuransi beban tadi mampu berkurang. Hal itu lantaran manfaatnya memang menjadi proteksi terhadap segala risiko yang bisa saja terjadi sewaktu waktu.

Pengertian Asuransi

Asuransi sendiri tak jarang dikaitkan menggunakan risiko. Lalu apa itu asuransi? Dalam kehidupan, selalu terdapat risiko yang mengintai. Risiko-risiko tadi diantaranya sakit, kecelakaan, & kehilangan harta misalnya lantaran kebakaran, pencurian, sampai bencana alam.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), asuransi merupakan pertanggungan, perjanjian antara dua pihak. Sementara pengertian asuransi dikutip berdasarkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yakni perjanjian antara perusahaan asuransi & pemegang polis yang sebagai dasar bagi penerimaan iuran pertanggungan oleh perusahaan asuransi menjadi imbalan dalam bentuk mengganti ganti rugi atau mengurangi kerugian.

Kata “Asuransi” tentu telah tidak asing lagi oleh beberapa orang. Meski kata “Asuransi” telah terkenal, tetapi mayoritas penduduk Indonesia masih belum banyak yang mempunyai Asuransi.

Baca juga: Konsultan Pajak Terbaik di Indonesia (Tax Consultant) 2022

Manfaat Asuransi

Anda perlu mengetahui apa saja manfaat asuransi yang digambarkan secara umum. Dengan begitu, Anda dapat mengenal lebih jauh betapa banyak sekali manfaat asuransi ini  terhadap diri Anda, Keluarga dan bahkan aset Anda

1. Sebagai Tabungan & Investasi

apabila Anda mendaftarkan diri Anda menjadi nasabah asuransi, maka pada akhir kontrak , Anda akan memperoleh agunan pengembalian investasi. Selain itu, juga pihak asuransi akan memberikan fleksibilitas atau kelonggaran dalam menentukan jangka pertanggungan.

Dan biasanya, pilihannya kurang lebih sekitar 5, 7, sampai 10 tahun. Besar preminya pun termasuk premi tunggal. Dimana nominalnya relatif terjangkau & berkesempatan buat menerima bebas biaya administrasi.

2. Memberikan Ketenangan

Asuransi memberikan proteksi terhadap risiko yang terjadi pada kemudian hari. Hal ini mampu mendatangkan rasa damai, lantaran tidak perlu bingung lagi bila sesuatu tidak terduga terjadi. Meskipun penanganan kerugiannya dari jenis iuran pertanggungan yg Anda pilih. Akan tetapi, setidaknya bisa menanggung sebagian maupun keseluruhan berdasarkan beban biaya yang ditangguhkan.

3. Membantu Mengatur Keuangan menggunakan Lebih Baik

Pembayaran premi secara rutin secara tidak langsung telah mengajarkan cara mengelola keuangan. Caranya menggunakan menyisihkan sebagian berdasarkan pemasukan yang di dapat. Orang yang tidak bisa menabung tentu akan sangat merasakan hal ini. Sebab, pengeluaran uang bukan hanya buat sesuatu yang bersifat sementara. Akan tetapi, juga menjadi penunjang kehidupan masa depan.

4. Meminimalisir Kerugian

Dengan mempunyai asuransi, maka bisa meminimalisir biaya kerugian bila mengalami peristiwa yang tidak terduga. Jadi, kebutuhan akan permanen terpenuhi secara stabil. Sebab, sebagian biaya telah ditanggung oleh perusahaan asuransi untuk membarui kerugian yang sedang Anda alami. apabila tidak memiliki asuransi, bisa saja Anda akan kebingungan supaya dapat memperoleh tanggungan dari mana.

Jenis Jenis Asuransi

jenis jenis asuransi

Jenis-Jenis Asuransi
www.polihukum.com

Berikut Adalah Beberapa Jenis Asuransi yang Bisa Anda Pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. diantaranya yaitu ;

1. Asuransi Jiwa

Asuransi jenis ini dapat memberikan keuntungan finansial saat kematian itu datang, sakit tiba-tiba, atau menderita stigma permanen total, juga sebagian dampak kecelakaan atau penyakit.

Sebelum menentukan Asuransi jiwa yang Anda pilih, pahami sistem & metode yang ditawarkan. Ada jasa penyedia Asuransi yang memberlakukan sistem pembayaran selesainya kematian. Namun, terdapat juga yang memperbolehkan Pemegang Polis buat menjamin dana sebelum kematiannya.

2. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah salah satu produk Asuransi yang paling terkenal. Asuransi kesehatan menangani kasus kesehatan & melindungi finansial Anda pada  saat menanggung biaya mulai berdasarkan proses perawatan sakit yang sedang di derita hingga sampai sembuh.  biasanya, jenis penyakit yang bisa ditanggung oleh Asuransi ini mencakup cacat, sakit berat, sampai kematian.

Untuk menentukan jenis Polis yang akan diambil, Anda boleh saja menyesuaikan menggunakan kemampuan finansial. Sebagai contoh, apabila Anda ingin membeli produk Asuransi kesehatan, Anda boleh menentukan produk Asuransi kesehatan yang meliputi rawat inap di satu kamar satu orang, satu kamar dua orang dll.

3. Asuransi Pendidikan

Mempersiapkan dana pendidikan semenjak dini sebagai cara buat melindungi masa depan anak Anda. Asuransi pendidikan merupakan salah satu pilihan yang menaruh laba perlindungan akan pendidikan.

Ada 2 jenis Asuransi pendidikan yang ditawarkan, yaitu Asuransi dwiguna & Asuransi unit link. Asuransi dwiguna, adalah produk adonan antara perlindungan jiwa yg dikombinasikan menggunakan instrumen pasar misalnya deposito. Asuransi jenis ini akan melindungi biaya pendidikan anak apabila orang tua mendadak tewas atau cacat total sampai tidak bisa lagi mencari nafkah.

Asuransi pendidikan unit link, adalah kombinasi antara Asuransi jiwa & investasi. Keuntungan berdasarkan komponen investasi dibagi sinkron menggunakan jenjang pendidikan anak.

4. Asuransi Investasi

Anda sanggup memperoleh Asuransi sekaligus investasi yang diklaim pula menggunakan kata Asuransi unit link. Sesuai menggunakan namanya, Asuransi unit link menaruh manfaat berupa perlindungan & nilai tunai  dari berdasarkan pengembangan dana investasi sinkron pilihan investasi yang tersedia.

Sesuai menggunakan namanya, Asuransi unit link memberikan 2 manfaat, yakni perlindungan & nilai tunai yang berasal berdasarkan pengembangan dana investasi. Jadi, berdasarkan total Premi yang disetorkan oleh pemegang polis, terdapat sebagian dana yang dialokasikan buat biaya perlindungan & ada yang dialokasikan buat investasi. 

Asuransi unit link menaruh perlindungan berupa proteksi jiwa, kesehatan, kecelakaan, sampai penyakit kritis. Sementara nilai tunai yang masih ada pada Asuransi unit link bisa dipakai kelak buat membayar Premi Asuransi pada ketika pemegang polis telah purna tugas atau tidak berpenghasilan. Dengan demikian, polis Asuransi permanen aktif. Di samping itu, nilai tunai Asuransi unit link pula sanggup dipakai untuk tujuan keuangan lainnya.

5. Asuransi Kendaraan

Kendaraan juga perlu diproteksi dari hal yang tidak diinginkan, misalnya kehilangan atau kerusakan. Manfaat berdasarkan membeli premi Asuransi kendaraan merupakan menaruh proteksi & rasa damai akan finansial apabila kita dihadapkan dalam risiko kerusakan kendaraan.

Selain itu, mempunyai Asuransi kendaraan pula menciptakan posisi harga jual kendaraan beroda empat Anda akan makin bersaing.

6. Asuransi Kecelakaan

Umumnya orang tidak banyak melirik Asuransi kecelakaan lantaran beranggapan perusahaan tempat mereka bekerja telah menaruh proteksi atas kecelakaan ketika bekerja.

Tapi coba dilihat kembali bagaimana kegiatan & syarat kerja Anda. apabila pekerjaan Anda termasuk pada kategori rawan risiko kecelakaan, Anda usahakan membeli produk Asuransi kecelakaan. Sebab, risiko tersebut dapat terjadi kapan saja & di mana saja baik di jalan juga ketika bekerja.

7. Asuransi Korporasi

Asuransi korporasi adalah Asuransi deretan yg menaruh proteksi pada karyawan suatu korporasi. Perusahaan biasanya menaruh Asuransi korporasi buat memelihara karyawan menjadi aset berharga buat keberlangsungan bisnisnya.

Ada banyak sekali manfaat yang ditawarkan oleh Asuransi korporasi. 

8. Asuransi Hari Tua

Asuransi hari tua adalah produk Asuransi yang memberikan proteksi & jaminan pada pemegang polis saat pada usia pensiun. Usia pensiun merupakan saat Anda telah tidak lagi produktif & tidak bisa dapat menghasilkan.

Dengan membeli polis Asuransi hari tua semenjak sekarang, akan membantu Anda pada mempersiapkan dana pensiun buat hari tua, terlebih buat Anda yang tidak memperoleh uang pensiun berdasarkan lokasi Anda bekerja.

Lantas, apa bedanya tabungan hari tua & Asuransi hari tua? Asuransi hari tua menaruh manfaat yang lebih berdasarkan tabungan biasa. Anda sanggup merancang masa pensiun menggunakan adanya Asuransi hari tua. Untuk besaran asuransi, Anda juga dapat menentukan sesuai kemampuan finansial Anda sekarang.

Written by Abraham
I am currently a student majoring in public administration and law. I like to learn new things in society related to politics and law.The legal adage I like is "Lex niminem cogit ad impossibilia" (the law doesn't force someone to do something impossible.) Profile